Senin, 17 Desember 2012

Cara Bongkar Pasang Komputer

Cara Merakit Komputer

Untuk Merakit PC diperlukan beberapa alat dan bahan seperti obeng, tang runcing, dll. Prinsipnya adalah jangan takut salah dan jangan tergesa - gesa. Perangkat - perangkata komputer bagaikan mainan anak kecil (mainan bongkar pasang).

Jangan Takut salah memasukan alat, karena jika anda tahu perinsip dasar setiap alat dan anda memakai logika manusia anda, maka tanpa perlu berfikir lama pun anda sudah bisa menentukan letak posisi dan kemana alat ini akan dipasang. Mengapa tidak mungkin salah? Karena setiap alat memiliki konektor atau slot atau socket yang berbeda, artinya tidak mungkin konektor harddisk dimasukan ke slot PCI, karena walau bagaimanpun tidak akan masuk. Jadi setiap alat sudah ada pasangan masing - masing. Jangan anggap sulit merakit komputer, karena merakit komputer bagaikan memainkanmainan bongkar pasang anak kecil. Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi setiap alat yang anda punya. Dan anda harus mencocokannya dengan alat yang lain, misal anda harus mencocokan antara processor dengan motherboard, jangan sampai anda membeli processor celeron 2.6 Ghz LGA 775 tapi anda membeli motherboard yang slot, tentu tidak akan cocok, karena procesor tersebut berjenis sosket LGA 775 dan motherboardnya memiliki slot untuk processor jadi tidak akan bisa dipakai. Jadi beli lah perangkat yang sesuai satu sama lain. Bila anda kurang paham mengenai kecocokan antara setiap perangkat komputer, mungkin saya akan post di artikel selanjutnya.

Dalam merakit komputer dibutuhkan setidaknya 7 perangkat diantaranya:
1. Motherboard
2. Processor
3. Memory (RAM)
4. Power Supply + Casing
5. VGA card ( atau onboard di motherboard juga tidak apa - apa ).
6. Harddisk
7. Monitor

Untuk tambahan
1. Mouse
2. Keyboard
3. Cd - Rom atau DVD - Rom

Langkah Merakit Komputer diantaranya:
1. Persiapkan alat dan bahan.
2. Siapan motherboard di tempat yang aman dari debu, letakan di meja atau lantai (dimana saja asal jangan di air ) dan gunakan alas (dusnya juga boleh)
3. Pasang Processor ke motherboard
4. Pasang Memory Ke Motherboard
5. Masukan Motherboard ke casing.
6. Memasang Power Supply.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar